Feedback Temuan Audit
Laman ini berisi terkait dengan hasil audit yang dilaksanakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) bersama Gugus Penjaminan Mutu (GPM) dan Unit Penjaminan Mutu (UPM). Penayangan temuan-temuan dalam laman ini bermaksud untuk mendapatkan feedback dari internal dan eksrnal. Masukan yang didapatkan akan digunakan sebagai perbaikan mutu di Fakultas Teknik ke depannya. Untuk itu, para pembaca diharapkan dapat memberikan masukan melalui kolom feedback yang sudah tersedia dalam tabel.
Hasil Monev Pembelajaran Semester Genap 2021/2022
Sumber dokumen Laporan Pembelajaran / Source |
(link) |
(link) |
||
Form Umpan Balik / Form Feedback | ||||
No. | Temuan | Akar Masalah | Tindak Lanjut | Status |
1 |
Dosen belum melakukan penilaian/pengukuran setiap CPL/CPMK/Sub CPMK |
Dosen belum paham tentang penilaian/pengukuran setiap CPL/CPMK/Sub CPMK. |
Dosen melengkapi sesuai penilaian/pengukuran setiap CPL/CPMK/Sub CPMK |
Selesai |
2 |
RPS yang telah dikembangkan belum disahkan oleh kaprodi |
pengembangan dan pembaharuan RPS belum terjadwal secara berka |
Dosen melakukan validasi RPS yang telah dikembangkan |
Selesai |
3 |
Dosen belum memberikan penilaian atas partisipas, tugas dan Ujian yang diberikan kepada mahasiswa |
Tugas dan ujian belum dikoreksi sehingga tidak ada bukti pengembalian tugas dan ujian |
Dosen melengkapi dan memberikan penilaian atas partisipasi, tugas dan Ujian yang diberikan kepada mahasiswa |
Selesai |
4 |
Dosen belum melaksanakan perkuliahan sesuai jadual |
Kuliah dilaksanakan bersamaan untuk beberapa kelas dan angkatan sehingga tidak sesuai dengan jadwal yang ada di Siakadu. |
Dosen yang berhalangan mengajar wajib mengganti hari perkuliahan pada |
Selesai |
5 |
Dosen mata kuliah dan mahasiswa belum melakukan kesepakatan dengan kontrak |
Dosen langsung melakukan pembelajaran sesuai dengan materi perkuliahan |
Dosen mata kuliah dan mahasiswa melakukan kesepakatan dengan kontrak mengajar |
Selesai |
6 |
Dosen mengawali dan mengakhiri kuliah belum sesuai jadwal |
Beberapa kegiatan yang dilaksanakan secara bersamaan sehingga mempengaruhi waktu pelaksanaan pembelajaran |
Dosen mengawali dan mengakhiri kuliah sesuai jadwal waktu pembelajaran |
Selesai |
7 |
RPS belum memuat pengalaman belajar mahasiswa |
Belum ada update kontent RPS secara berkala |
Dosen melengkapi RPS dengan pengalaman belajar mahasiswa |
Selesai |
8 |
Dosen melakukan refleksi di akhir pembelajaran |
Waktu pelaksanaan kuliah yang padat dan padatnya materi seehingga waktu sks habis untuk penyampaian materi |
Dosen memberikan refleksi di akhir pembelajaran |
Selesai |
9 |
Dosen menggunakan media pembelajaran dan bahan ajar belum sesuai dengan yang tertera dalam RPS |
Belum ada update kontent RPS secara berkala menyesuaikan dengan perkembangan teknologi |
Dosen melengkapi media pembelajaran dan bahan ajar sesuai RPS |
Selesai |
Hasil Monev Pembelajaran Semester Gasal 2021/2022
Sumber dokumen Laporan Pembelajaran / Source |
(link) |
(link) |
||
Form Umpan Balik / Form Feedback | ||||
No. | Temuan | Akar Masalah | Tindak Lanjut | Status |
1 |
Dosen belum menyusun rubrik penilaian UTS dan UAS |
Rubric penilaian tidak ada |
Rubric penilaian dipersiapkan |
Selesai |
2 |
RPS belum dirancang untuk peningkatan hardskill yang dijabarkan ke dalam learning outcomes |
Belum dilakukan update RPS |
Segera melakukan update RPS |
Selesai |
3 |
Dosen belum menyusun rubrik penilaian UTS dan UAS |
Rubric penilaian tidak ada |
Rubric penilaian dipersiapkan |
Selesai |
4 |
UTS belum dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang tertera di RPS |
Pergantian hari UTS dilakukan karena ada tugas tambahan |
Kegiatan UTS dapat dilakukan secara online agar sesuai jadwal |
Selesai |
5 |
Dosen belum memberikan penilaian kepada mahasiswa |
Banyaknya tugas tambahan membuat koreksi tugas dilakukan diakhir semester |
Jika memungkinkan koreksi atau penilaian bisa dilakukan by system agar mudah |
Selesai |
6 |
Soal-soal dalam UTS dan UAS belum tervalidasi (mengukur high order thinking) |
Dosen belum melakukan validasi saat dilakukan UTS dan UAS |
Dosen melakukan validasi sebelum dilakukan UTS dan UAS |
Selesai |
7 |
Dosen dan mahasiswa tidak ada kesepakatan kontrak perkuliahan di pertemuan pertama |
Kesepakatan kontrak belajar tidak disampaikan diawal kuliah |
Untuk semester berikutnya akan dilakukan kesepakatan kontrak diawal perkuliahan |
Selesai |
Hasil Audit Penelitian, PKM, dan Kurikulum
d>
Sumber dokumen Laporan Pembelajaran / Source |
(link) |
(link) |
||
Form Umpan Balik / Form Feedback | ||||
No. | Temuan | Akar Masalah | Tindak Lanjut | Status |
1 | Belum ada dokumen pemetaan keprofesionalan dosen dan tendik yang disusun sesuai dengan spesifikasi prodi | Belum dibuat dokumen pemetaan keprofesionalan dosen dan tendik yang disusun sesuai dengan spesifikasi prodi | Melakukan workshop penyusunan dokumen pemetaan keprofesionalan dosen dan tendik di Prodi | Selesai |
2 | Belum tersedia dokumen kurikulum KKNI berbasis OBE yang memuat bahan kajian asossiasi/KKNI sesuai level | Penyusunan dokumen KKNI yang memuat kajian asosiasi dilakukan saat kaprodi lama (sebelum 2019), belum dikonfirmasi oleh kaprodi selanjutnya. | Melengkapi dokumen kurikulum KKNI yang memuat bahan kajian asosiasi | Selesai |
3 | Belum ada matriks keterkaitan antara CPL dengan MK belum dilakukan secara menyeluruh | matriks keterkaitan antara CPL dengan MK belum dilakukan secara menyeluruh | Melakukan workshop penyusunan matriks antara CPL dengan MK di tingkat Prodi | Selesai |
4 | Tidak terukurnya ketercapaian kurikulum | Belum ada agenda program kerja untuk kegiatan analisis keberhasilan capaian lulusan | Direncanakan kegiatan untuk yang berfokus pada perbaikan CPL dan CPMK di program studi | Dalam proses penyelesaian |
5 | Belum Ada perbaikan CPL atau CPMK setelah dilakukan asesmen setiap tahun | Belum ada agenda kegiatan | Direncanakan kegiatan untuk yang berfokus pada perbaikan CPL dan CPMK di program studi | Selesai |
Hasil Tracer Study Tahun 2022
Sumber dokumen Laporan Pembelajaran / Source |
(link) |
(link) |
||
Form Umpan Balik / Form Feedback | ||||
No. | Temuan | Akar Masalah | Tindak Lanjut | Status |
1 |
Alumni masih menggunakan email unesa |
Email institusi tidak aktif setelah mahasiswa lulus |
Menghubungi alumni terkait email pribadi selain email unesa |
Dalam proses penyelesaian |
2 |
Beberapa alumni berganti nomor handphone |
belum ada mekanisme update data alumni |
Menghubungi alumni sesama Angkatan dan program studi terkait nomer handphone |
Dalam proses penyelesaian |
3 |
Alumni beberapa kurang merespon dari bapak/ibu PIC |
PIC tidak dikenal oleh alumni |
Melibatkan kaprodi dalam tracer study |
Dalam proses penyelesaian |
Hasil Survei Kepuasan Mahasiswa
Sumber dokumen Laporan Pembelajaran / Source |
(link) |
(link) |
||
Form Umpan Balik / Form Feedback | ||||
No. | Temuan | Akar Masalah | Tindak Lanjut | Status |
1 |
Aspek Tangible P23 yaitu Kecukupan , aksesibilitas, kualitas sarana, dan prasarana masih belum sesuai harapan pengguna |
pengembangan dan anggaran sarana Prasarana |
Meningkatkan layanan aksesibilitas sarana, dan prasarana yang ada di selingkung fakultas teknik sehingga bisa dengan mundah diakses dan digunakan oleh mahasiswa untuk menunjang kegiatan akademik |
Dalam proses penyelesaian |
Hasil Survei Kepuasan Dosen
Sumber dokumen Laporan Pembelajaran / Source |
(link) |
(link) |
||
Form Umpan Balik / Form Feedback | ||||
No. | Temuan | Akar Masalah | Tindak Lanjut | Status |
1 |
Aspek Empathy P5 yaitu Layanan prima manajemen di PT dilakukan sesuai dengan prosedur |
Prosedur pelayanan dan perubahan kebijakan |
Meningkatkan pelayanan terhadap proses manajemen di fakultas yang dilakukan sesuai |
Dalam proses penyelesaian |
2 |
Aspek Responsivness P8 yaitu Ketepatan dalam proses kenaikan pangkat, pengembangan karir, dan hak dosen |
Perubahan aturan dan kebijakan terkait aturan jabatan fungsional |
Meningkatkan proses pelayanan dan ketepatan dalam proses kenaikan pangkat, |
Dalam proses penyelesaian |
Hasil Survei Kepuasan Tenaga Kependidikan
Sumber dokumen Laporan Pembelajaran / Source |
(link) |
|||
Form Umpan Balik / Form Feedback | ||||
No. | Temuan | Akar Masalah | Tindak Lanjut | Status |
1 |
Aspek Responsivness P2 kecermatan respon pengelola dalam menanggapi dan menindak lanjuti keluhan tendik |
Mekanisme pelaksanaan atau penanganan keluhan |
Meningkatkan pelayanan Kecepatan, ketepatan, kecermatan respon pengelola dalam |
Dalam proses penyelesaian |
2 |
Aspek Empathy P4 Keterlaksanaan pemberian layanan yang adil/tidak diskriminatif, ramah dan sopan |
Perubahan aturan terkait administrasi |
Meningkatkan keterlaksanaan pemberian layanan yang adil/tidak diskriminatif, ramah dan |
Dalam proses penyelesaian |
3 |
Aspek Empathy P5 Kemudahan dalam mengajukan hak tendik (cuti, ijin tendik, dst) |
Perubahan aturan terkait administrasi |
Meningkatkan layanan terkait kemudahan dalam mengajukan hak tendik (cuti, izin tendik) |
Dalam proses penyelesaian |
4 |
Aspek Tangible P12 Kecukupan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana yang menunjang pekerjaan(komputer, printer,sistem informasi,jaringan internet,parkir, dan sebagainya) |
Pengadaan dan penganggaran dan prioritas pengembangan |
Meningkatkan kecukupan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana yang menunjang |
Dalam proses penyelesaian |