Feedback Temuan Audit

Laman ini berisi terkait dengan hasil audit yang dilaksanakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) bersama Gugus Penjaminan Mutu (GPM) dan Unit Penjaminan Mutu (UPM). Penayangan temuan-temuan dalam laman ini bermaksud untuk mendapatkan feedback dari internal dan eksrnal. Masukan yang didapatkan akan digunakan sebagai perbaikan mutu  di Fakultas Teknik ke depannya. Untuk itu, para pembaca diharapkan dapat memberikan masukan melalui kolom feedback yang sudah tersedia dalam tabel.

Hasil Monev Pembelajaran Semester Genap 2021/2022

  Sumber dokumen Laporan Pembelajaran / Source

(link)

(link)

  Form Umpan Balik / Form Feedback

No. Temuan Akar Masalah Tindak Lanjut Status
1

Dosen belum melakukan penilaian/pengukuran setiap CPL/CPMK/Sub CPMK

Dosen belum paham tentang penilaian/pengukuran setiap CPL/CPMK/Sub CPMK.

Dosen melengkapi sesuai penilaian/pengukuran setiap CPL/CPMK/Sub CPMK

Selesai
2

RPS yang telah dikembangkan belum disahkan oleh kaprodi

pengembangan dan pembaharuan RPS belum terjadwal secara berka

Dosen melakukan validasi RPS yang telah dikembangkan

Selesai
3

Dosen belum memberikan penilaian atas partisipas, tugas dan Ujian yang diberikan kepada mahasiswa

Tugas dan ujian belum dikoreksi sehingga tidak ada bukti pengembalian tugas dan ujian

Dosen melengkapi dan memberikan penilaian atas partisipasi, tugas dan Ujian yang diberikan kepada mahasiswa

Selesai
4

Dosen belum melaksanakan perkuliahan sesuai jadual

Kuliah dilaksanakan bersamaan untuk beberapa kelas dan angkatan sehingga tidak sesuai dengan jadwal yang ada di Siakadu.

Dosen yang berhalangan mengajar wajib mengganti hari perkuliahan pada

Selesai
5

Dosen mata kuliah dan mahasiswa belum melakukan kesepakatan dengan kontrak
perkuliahan

Dosen langsung melakukan pembelajaran sesuai dengan materi perkuliahan

Dosen mata kuliah dan mahasiswa melakukan kesepakatan dengan kontrak mengajar

Selesai
6

Dosen mengawali dan mengakhiri kuliah belum sesuai jadwal

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan secara bersamaan sehingga mempengaruhi waktu pelaksanaan pembelajaran

Dosen mengawali dan mengakhiri kuliah sesuai jadwal waktu pembelajaran

Selesai
7

RPS belum memuat pengalaman belajar mahasiswa

Belum ada update kontent RPS secara berkala

Dosen melengkapi RPS dengan pengalaman belajar mahasiswa

Selesai
8

Dosen melakukan refleksi di akhir pembelajaran

Waktu pelaksanaan kuliah yang padat dan padatnya materi seehingga waktu sks habis untuk penyampaian materi

Dosen memberikan refleksi di akhir pembelajaran

Selesai
9

Dosen menggunakan media pembelajaran dan bahan ajar belum sesuai dengan yang tertera dalam RPS

Belum ada update kontent RPS secara berkala menyesuaikan dengan perkembangan teknologi

Dosen melengkapi media pembelajaran dan bahan ajar sesuai RPS

Selesai

 

Hasil Monev Pembelajaran Semester Gasal 2021/2022

  Sumber dokumen Laporan Pembelajaran / Source

(link)

(link)

  Form Umpan Balik / Form Feedback

 

No. Temuan Akar Masalah Tindak Lanjut Status
1

Dosen belum menyusun rubrik penilaian UTS dan UAS

Rubric penilaian tidak ada

Rubric penilaian dipersiapkan

Selesai
2

RPS belum dirancang untuk peningkatan hardskill yang dijabarkan ke dalam learning outcomes

Belum dilakukan update RPS

Segera melakukan update RPS

Selesai
3

Dosen belum menyusun rubrik penilaian UTS dan UAS

Rubric penilaian tidak ada

Rubric penilaian dipersiapkan

Selesai
4

UTS belum dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang tertera di RPS

Pergantian hari UTS dilakukan karena ada tugas tambahan

Kegiatan UTS dapat dilakukan secara online agar sesuai jadwal

Selesai
5

Dosen belum memberikan penilaian kepada mahasiswa

Banyaknya tugas tambahan membuat koreksi tugas dilakukan diakhir semester

Jika memungkinkan koreksi atau penilaian bisa dilakukan by system agar mudah

Selesai
6

Soal-soal dalam UTS dan UAS belum tervalidasi (mengukur high order thinking)

Dosen belum melakukan validasi saat dilakukan UTS dan UAS

Dosen melakukan validasi sebelum dilakukan UTS dan UAS

Selesai
7

Dosen dan mahasiswa tidak ada kesepakatan kontrak perkuliahan di pertemuan pertama

Kesepakatan kontrak belajar tidak disampaikan diawal kuliah

Untuk semester berikutnya akan dilakukan kesepakatan kontrak diawal perkuliahan

Selesai

 

Hasil Audit Penelitian, PKM, dan Kurikulum

d>

  Sumber dokumen Laporan Pembelajaran / Source

(link)

(link)

  Form Umpan Balik / Form Feedback

 

No. Temuan Akar Masalah Tindak Lanjut Status
 1 Belum ada dokumen pemetaan keprofesionalan dosen dan tendik yang disusun sesuai dengan spesifikasi prodi Belum dibuat dokumen pemetaan keprofesionalan dosen dan tendik yang disusun sesuai dengan spesifikasi prodi Melakukan workshop penyusunan dokumen pemetaan keprofesionalan dosen dan tendik di Prodi  Selesai
 2 Belum tersedia dokumen kurikulum KKNI berbasis OBE yang memuat bahan kajian asossiasi/KKNI sesuai level Penyusunan dokumen KKNI yang memuat kajian asosiasi dilakukan saat kaprodi lama (sebelum 2019), belum dikonfirmasi oleh kaprodi selanjutnya. Melengkapi dokumen kurikulum KKNI yang memuat bahan kajian asosiasi  Selesai
3 Belum ada matriks keterkaitan antara CPL dengan MK belum dilakukan secara menyeluruh matriks keterkaitan antara CPL dengan MK belum dilakukan secara menyeluruh Melakukan workshop penyusunan matriks antara CPL dengan MK di tingkat Prodi Selesai
4 Tidak terukurnya ketercapaian kurikulum Belum ada agenda program kerja untuk kegiatan analisis keberhasilan capaian lulusan Direncanakan kegiatan untuk yang berfokus pada perbaikan CPL dan CPMK di program studi Dalam proses penyelesaian
5 Belum Ada perbaikan CPL atau CPMK setelah dilakukan asesmen setiap tahun Belum ada agenda kegiatan Direncanakan kegiatan untuk yang berfokus pada perbaikan CPL dan CPMK di program studi Selesai

 

Hasil Tracer Study Tahun 2022

  Sumber dokumen Laporan Pembelajaran / Source

(link)

(link)

  Form Umpan Balik / Form Feedback

 

No. Temuan Akar Masalah Tindak Lanjut Status
1

Alumni masih menggunakan email unesa

Email institusi tidak aktif setelah mahasiswa lulus

Menghubungi alumni terkait email pribadi selain email unesa

Dalam proses penyelesaian
2

Beberapa alumni berganti nomor handphone

belum ada mekanisme update data alumni

Menghubungi alumni sesama Angkatan dan program studi terkait nomer handphone

Dalam proses penyelesaian
3

Alumni beberapa kurang merespon dari bapak/ibu PIC

PIC tidak dikenal oleh alumni

Melibatkan kaprodi dalam tracer study

Dalam proses penyelesaian

 

Hasil Survei Kepuasan Mahasiswa

  Sumber dokumen Laporan Pembelajaran / Source

(link)

(link)

  Form Umpan Balik / Form Feedback

 

No. Temuan Akar Masalah Tindak Lanjut Status
1

Aspek Tangible P23 yaitu Kecukupan , aksesibilitas, kualitas sarana, dan prasarana masih belum sesuai harapan pengguna

pengembangan dan anggaran sarana Prasarana

Meningkatkan layanan aksesibilitas sarana, dan prasarana yang ada di selingkung fakultas teknik sehingga bisa dengan mundah diakses dan digunakan oleh mahasiswa untuk menunjang kegiatan akademik

Dalam proses penyelesaian

 

Hasil Survei Kepuasan Dosen

  Sumber dokumen Laporan Pembelajaran / Source

(link)

(link)

  Form Umpan Balik / Form Feedback

 

No. Temuan Akar Masalah Tindak Lanjut Status
 1

Aspek Empathy P5 yaitu Layanan prima manajemen di PT dilakukan sesuai dengan prosedur  

Prosedur pelayanan dan perubahan kebijakan

Meningkatkan pelayanan terhadap proses manajemen di fakultas yang dilakukan sesuai
dengan prosedur yang berlaku

Dalam proses penyelesaian
 2

Aspek Responsivness P8 yaitu Ketepatan dalam proses kenaikan pangkat, pengembangan karir, dan hak dosen

Perubahan aturan dan kebijakan terkait aturan jabatan fungsional

Meningkatkan proses pelayanan dan ketepatan dalam proses kenaikan pangkat,
pengembangan karir, dan hak dosen, dengan menerapkan sistem informasi dan
sosialisasi pembinaan pengembangan karir dosen

Dalam proses penyelesaian

 

Hasil Survei Kepuasan Tenaga Kependidikan

  Sumber dokumen Laporan Pembelajaran / Source

(link)

(link)

  Form Umpan Balik / Form Feedback

 

No. Temuan Akar Masalah Tindak Lanjut Status
1

Aspek Responsivness  P2 kecermatan respon pengelola dalam menanggapi dan menindak lanjuti keluhan tendik

Mekanisme pelaksanaan atau penanganan keluhan 

Meningkatkan pelayanan Kecepatan, ketepatan, kecermatan respon pengelola dalam
menangani dan menindaklanjuti keluhan tendik

Dalam proses

penyelesaian

2

Aspek Empathy P4  Keterlaksanaan pemberian layanan yang adil/tidak diskriminatif, ramah dan sopan

Perubahan aturan terkait administrasi 

Meningkatkan keterlaksanaan pemberian layanan yang adil/tidak diskriminatif, ramah dan
sopan

Dalam proses

penyelesaian

3

Aspek Empathy P5 Kemudahan dalam mengajukan hak tendik (cuti, ijin tendik, dst)

Perubahan aturan terkait administrasi 

Meningkatkan layanan terkait kemudahan dalam mengajukan hak tendik (cuti, izin tendik)

Dalam proses

penyelesaian

4

Aspek Tangible P12 Kecukupan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana yang menunjang pekerjaan(komputer, printer,sistem informasi,jaringan internet,parkir, dan sebagainya)

Pengadaan dan penganggaran dan prioritas pengembangan

Meningkatkan kecukupan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana yang menunjang
pekerjaan (komputer, printer, sistem informasi, jaringan internet, parkir, dan sebagainya

Dalam proses

penyelesaian